TEKNIK MENJUAL RUMAH

September 5, 2012 Leave a comment Go to comments

Apakah mudah memasarkan dan menjual suatu property? Setiap pemilik property ingin agar propertinya cepat laku dan mendapatkan keuntungan.  Berikut ini 5 teknik efektif untuk menjual property yang bisa Anda lakukan :

1. Harga

Penentuan harga sangat penting untuk keberhasilan menjual property. Bila harga di bawah pasaran akan merugikan penjual/owner dan bila harga di atas harga pasaran membuat property sulit terjual. Bagaimana menentukan harga? (1). Carilah informasi harga pasaran property di lingkungan property Anda lalu menempatkan harga berdasarkan rumah yang sudah atau sedang dijual. (2). Apabila Anda kesulitan menentukan harga, hubungilah  Agen property bisa membantu menganalisa, menghitung dan membuat appraisal berapa harga yang sesuai untuk property Anda.

2. Media Promosi

Cara termudah memasarkan property adalah memberitahu orang lain (mouth to mouth selling), memasang iklan di koran setempat atau majalah property atau di internet, memasang spanduk di property yang dijual, menyebar brosur dan media promosi lainnya. Anda perlu mengetahui media apa yang cocok dan target pasar dari property Anda. Persiapkan informasi detil property Anda seperti luas tanah, luas bangunan, sertifikat kepemilikan, posisi rumah, jumlah kamar tidur, kamar mandi dan keterangan lain yang mendukung kelebihan property anda sehingga menarik bagi pembeli. Agen property professional dapat membantu Anda dengan membuat konsep promosi (Promotion Concept), pemilihan media promosi (Promotion Line) dan mengelola keefektifan lini promosi untuk mendapatkan pembeli potensial.

3. Legalitas Dokumen

Pembeli yang teliti akan memeriksa kelengkapan dan keabsahan surat-surat seperti Girik, Hak Pakai, Hak Guna Bangunan, Hak Milik. Dokumen lainnya adalah bukti  lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) bila itu berupa rumah/ruko. Oleh karena itu, persiapkan semua dokumen hukum yang diperlukan. Notaris bisa membantu Anda untuk kelengkapan dokumen dan membantu menyelesaikan urusan legalitas dokumen. Bagaimana jika pemilik yang property nya dijual sudah meninggal dunia? Siapkan surat keterangan meninggal dunia dari kelurahan setempat dan siapa saja ahli warisnya. Para ahli waris memberi kuasa kepada salah satu dari anggota keluarga yang ditunjuk untuk menjual (Surat Kuasa Menjual) untuk memperlancar proses transaksi apabila ada lebih dari satu ahli waris.

4. Teknis Pembayaran

Saat yang paling ditunggu adalah saat transaksi pembayaran atas suatu property. Namun transaksi bisa batal tak jarang karena teknis pembayaran kerap menjadi masalah seperti besaran uang muka, waktu pelunasan dan ketidaksepakatan dalam pembayaran pajak jual beli. Gunakan bantuan notaris untuk perincian tentang perjanjian proses pembayaran, seperti berapa kali, kapan pembayaran dilakukan dan denda yang dikenakan jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.

5. Gunakan jasa Agen Properti

Apabila Anda baru pertama kali menjual property dan bingung bagaimana memulainya, cobalah menghubungi agen yang bisa membantu menjual property Anda. Anda akan dibantu untuk memahami prosedur penjualan properti, penentuan harga yang kompetitif, cara pemasaran yang optimal, proses KPR dan proses transaksi di notaries. Bagi Anda yang telah terbiasa menjual/membeli property, jasa agen property akan membuat anda lebih mudah mendapatkan informasi update harga pasar, pembeli potensial, menghemat waktu dan mendapatkan bantuan yang tepat.

Selamat mencoba!

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: